proposal skripsi bab 1

a

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Sebagai suatu cara yang tepat untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas sehingga mendukung terciptanya tujuan pembangunan nasional. pendidikan bertujuan untuk menciptakan atau menghasilkan sumber daya manusia yang mempunyai keterampilan dan keahlian dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperlukan dalam proses pembangunan bangsa.
Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam pembangunan kemampuan manusia agar dapat menghasilkan pribadi-pribadi manusia yang berkualitas. Kemajuan teknologi modern adalah salah satu faktor yang turut menunjang usaha pembaharuan pembangunan. Masyarakat sekarang telah sampai pada taraf pemikiran yang tinggi dan telah melaksanakannya dalam dunia pendidikan. Hal ini diwujudkan dalam bentuk perhatian dan peningkatan kualitas pendidikan.
Dalam hal ini pendidikan  dipandang sebagai suatu cara yang tepat untuk membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk mendukung terciptanya tujuan pembangunan nasional, karena dengan pendidikan manusia mendapatkan pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai dan sikap, sehingga dapat berfikir lebih sistematis, lebih rasional dan lebih kritis terhadap segala permasalahan yang dihadapi. Untuk mencapai tujuan atau maksud tertentu dalam pendidikan diperlukan proses sehingga input yang ada dapat menghasilkan output yang diinginkan. Proses yang dimaksud adalah proses belajar mengajar.
      Belajar merupakan suatu kebutuhan yang harus dilakukan oleh siswa pada umumnya. Kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa yang satu dengan siswa yang lain saling berbeda dan beragam, hal ini menimbulkan hasil yang dicapai oleh masing-masing siswa berbeda pula.
      Dalam upaya untuk memperoleh Prestasi Belajar Akuntansi yang tinggi, banyak siswa mengalami problem kesulitan belajar akuntansi dengan akibat rendahnya nilai mata pelajaran akuntansi. Hal ini dapat mengganggu dan menghambat siswa dalam usaha mencapai Prestasi Belajar Akuntansi sesuai yang diharapkan. Untuk mengatasi hal tersebut perlu ditelusuri faktor-faktor yang mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi. Dengan diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi, diharapkan pada akhirnya masalah-masalah tersebut dapat dipecahkan dan siswa dapat mencapai prestasi belajar akuntansi yang tinggi.
      Secara umum faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Prestasi Belajar dapat digolongkan dalam dua faktor, yaitu faktor internal yang terbentuk dari dalam diri manusia itu antara lain; kesehatan jasmani maupun rohani, sikap, intelegensi dan bakat, minat, motivasi, cara belajar dan lain sebagainya. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar diri antara lain; keluarga, sekolah, masyarakat serta lingkungan sekitar.
Lingkungan sebagai tempat pertama dan utama bagi siswa mendapatkan pendidikan dan melakukan interaksi sosial dalam kehidupannya serta mempunyai peranan yang sangat besar dalam pertumbuhan dan perkembangan siswa itu sendiri. . Keadaan Lingkungan Belajar juga sangat penting dalam mempengaruhi Prestasi Belajar, keadaan Lingkungan Belajar dapat terjadi di dalam keluarga, sekolah, masyarakat, maupun lingkungan sekitar. Semakin kondusif Lingkungan Belajar akan semakin meningkatkan usahanya dalam belajar. Demikian pula halnya dengan Motivasi Berprestasi, motivasi merupakan aspek psikis yang besar pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar. Siswa yang belajar dengan motivasi yang kuat, akan melaksanakan kegiatan belajar dengan sungguh-sungguh, penuh gairah dan bersemangat.
Oleh karena itu, peneliti terdorong untuk melakukan penelitian dengan judulHUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI  BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA  KELAS II PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI  SMK PANCASILA KUTOARJO TAHUN AJARAN 2010/2011”.

B.     Identifikasi Masalah
      Prestasi Belajar yang diperoleh siswa satu dengan lainnya berbeda-beda, karena banyak faktor yang mempengaruhi Prestasi Belajar siswa tersebut.
      Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Prestasi Belajar dapat digolongkan dalam dua faktor, yaitu faktor internal yang terbentuk dari dalam diri manusia itu antara lain; kesehatan jasmani maupun rohani, sikap, intelegensi dan bakat, minat, motivasi, cara belajar dan lain sebagainya. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar diri antara lain; keluarga, sekolah, masyarakat serta lingkungan sekitar.
C.    Pembatasan Masalah
      Mengingat luasnya masalah yang berhubungan dengan Prestasi Belajar, maka penelitian ini akan dibatasi pada tiga faktor yang diduga berpengaruh kuat terhadap Prestasi Belajar. Kedu faktor tersebut adalah  Lingkungan Belajar dan  Motivasi Belajar.
D.    Perumusan Masalah
      Berdasarkan pembatasan masalah diatas, maka permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Bagaimanakah hubungan antara Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas II program keahlian  akuntansi di SMK PANCASILA  Kutoarjo tahun ajaran 2010/2011?
2.      Bagaimanakah hubungan antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas II program keahlian  akuntansi di SMK PANCASILA  Kutoarjo tahun ajaran 2010/2011?
3.      Bagaimanakah hubungan antara Lingkungan Belajar dan Motivasi Beprestasi dengan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas II program keahlian  akuntansi di SMK PANCASILA  Kutoarjo tahun ajaran 2010/2011?
E.     Tujuan Penelitian
      Sesuai dengan perumusan permasalahan diatas, maka penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui :
1.      Hubungan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas II program keahlian  akuntansi di SMK PANCASILA  Kutoarjo tahun ajaran 2010/2011.
2.      Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas kelas II program keahlian  akuntansi di SMK PANCASILA  Kutoarjo tahun ajaran 2010/2011.
3.      Hubungan Lingkungan Belajar dan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas II program keahlian  akuntansi di SMK PANCASILA  Kutoarjo tahun ajaran 2010/2011.

F.     Manfaat Penelitian
1.      Bagi peneliti
Sebagai wahana untuk latihan dan studi banding antara teori yang sudah didapat di bangku kuliah dengan praktek yang sebenarnya diterapkan dalam dunia pendidikan, sehingga nantinya dapat dijadikan bekal dalam memasuki dunia kerja.
2.      Bagi instansi yang diteliti
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengelola pendidikan dan pengajaran agar lebih mengerti dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi Prestasi Belajar.
3.      Bagi Universitas
Semoga hasil dari penelitian ini dapat memberikan masukan yang berarti bagi mahasiswa yang sekiranya membutuhkan tambahan informasi yang berkenaan dengan topik ini.


0 komentar:

Posting Komentar