RPP AKT SMA XI

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri ………
Mata Pelajaran            : Akuntansi
Kelas/Program             : XI / IPS
Semester                      : 2
Alokasi tatap muka     : 10 menit
Standar Kompetensi   : Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
Kompetensi Dasar       : Kemampuan menganalisis akuntansi sebagai sistem informasi
Indikator                     :
  1. Mendiskripsikan  pengertian  akuntansi
  2. Mengidentifikasi kegunaan informasi akuntansi bagi masing-masing pemakai
3.      Mengidentifikasi bidang-bidang dan profesi akuntansi
4.      Mengidentifikasi kualitas informasi akuntansi dan dasar hukum penggunaan akuntansi di Indonesia.
I.         Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu mendiskripsikan  pengertian  akuntansi
2.      Siswa mampu menjelaskan proses akuntansi sebagai sistem informasi
3.      Siswa mampu memahami manfaatkan fungsi akuntansi sebagai sistem informasi
4.      Siswa mampu mengidentifiksasi bidang-bidang dan profesi akuntansi
5.      Siswa mampu memahami kualitas informasi akuntansi dan mengetahui dasar hukum pengunaan akuntansi di Indonesia.
II.      Materi Ajar
1.      pengertian  akuntansi
2.      sistem informasi
3.      bidang dan profesi akuntansi
4.      kualitas informasi akuntansi
III.   Metoda Pembelajaran
1)      Pendekatan    : siswa aktif
2)      Strategi           : strategi pmbelajaran inkuiri
3)      Metoda           :, ceramah, tanya jawab

IV.   Kegiatan Pembelajaran
1.   Kegiatan awal
a.    Salam dan Doa
b.    Apersepsi
       c.  Guru menjelaskan standar kompetensi dan kompetensi dasar

2.   Kegiatan inti
a.    Dengan tanya jawab guru membahas pengertian  akuntansi dan proses akuntansi sebagai sistem informasi
b.    Siswa diberi kesempatan untuk dapat mengidentifikasi bidang-bidang dan profesi akuntansi.
c.    Memancing siswa untuk dapat mengidentifikasikan kualitas informasi akuntansi
d.   Guru memberitahukan dasar hukum penggunaan akuntansi di Indonesia

3.   Kegiatan akhir
a.   Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang baru saja disajikan.
b.  Guru memberikan tugas rumah atau PR.
c.   Guru memberikan gambaran umum materi yang akan datang
d.   Doa dan salam.

V.                Media dan Sumber Bahan
Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
a.          Sumber Belajar
1.      Buku Ekonomi Fenomena di Sekitar Kita 2.
2.      Hendi Soemantri. 2004. Memahami Akuntansi SMK Seri A. Bandung: Armico.
3.      Modul Online Akuntansi (www.e-dukasi.net).
4.      Endang Puspitawati, S.pd.. 2009. KREATIF Kreasi Belajar Siswa Aktif. Klaten: Penerbit Viva Pakarindo.
b.      Media dan Alat Pembelajaran
White board, spidol

VI.             Penilaian
a.             Tes lisan
Guru melakukan tanya jawab secara langsung
b.      Penugasan
Guru memberikan tugas kepada siswa.(Terlampir)

…,……,……………..

Mengetahui
Kepala ………………………,                                              Guru Mata Pelajaran,




……………………………….                                                    ………………………………
NIP. ………………………….                                                 NIP. ………………………..

0 komentar:

Posting Komentar